Wednesday, June 17, 2009

Remote control adalah musuh? Bisa jadi benar adanya.


Saat ngobrol bareng dengan pekerja iklan, praktisi periklanan, pemilik product atau pengiklan, kita sepakat bahwa remote control adalah salah satu musuh utama. Lho kok? Lha iya lah… gimana nggak… kita capek-capek memproduksi iklan TV, nayangin dan bayar ke stasiun TV Swasta, dengan biaya ratusan juta bahkan hingga milyaran dan dengan control kualitas yang prima, saat jam ditayangkan iklannya dengan santainya para pemirsa TV yang juga menjadi target iklan tsb. dengan mudahnya memencet tombol remote control dan memindahkan ke program TV lain. Coba kalau nggak ada teknologi remote control, pastinya mereka akan menonton program iklan sampai habis. Kalau ngggak seneng paling TV nya yang dimatikan.

Beginilah nasib iklan, saat sudah ditonton beberapa kali, audience pastinya akan bosan [ah, iklan itu lagi] dan cenderung memindahkan channel. Padahal yang namanya TV swasta kalau nggak ada iklannya pastinya sudah tutup dari kapan-kapan. Karena praktis saat ini stasiun TV swasta itu hidupnya benar-benar mengandalkan para pengiklan. Lihat saja TV swasta yang program tayangannya kurang bagus pasti pengiklannya sedikit.

Terus bagaimana dong caranya bikin iklan yang bagus supaya pemirsanya nggak gampang bosan dan terus menonton. Inilah yang menjadi tantangannya. Banyak iklan bagus yang menghibur, yang lucu, yang berhasil memikat hati pemirsanya tapi siapakah yang bisa menjamin bahwa iklan tsb. dilihat terus oleh pemirsa tanpa memencet tombol remote controlnya?

Itulah sebabnya, para pekerja kreatif di bisnis periklanan selalu dituntut untuk selalu kreatif dan lebih kreatif lagi dari hari ke hari. Tentunya agar iklan yang digagas dan kemudian diproduksi selalu menarik, enak ditonton, menghibur, pesan iklannya mampu mengundang simpati tanpa harus menggurui, dan lebih penting lagi agar pemirsanya nggak memencet tombol di remote controlnya. Inilah tuntutan yang harus bisa dipenuhi oleh para praktisi periklanan saat ini.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan Anda.