Thursday, August 03, 2006

Sudah umuran, butuh bernostalgia dengan temen lama.

Suatu hari saya dapat sms dari salah seorang teman lama semasa di SMA 1 Madiun. Wow, walaupun sebatas SMS rasa senang melanda suasana hati ini. Tiba-tiba memory di kepala bekerja dengan keras mengingat bagaimana sosok teman SMA yang SMS tadi. Karena praktis selepas dari SMA kita memang langsung berpencar ke berbagai kota besar di Indonesia untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi pilihan masing-masing. Maklum Madiun saat itu hanyalah sebuah kota kecil. Perguruan tinggi yang ada kurang diminati oleh para lulusan SMA yang berpotensi.

Berbagai memory berlintasan di kepala. Lalu muncul keinginan untuk tahu seperti apa ya sosok saat ini para sobat semasa SMA dulu. Rasanya jadi kepingin ngumpul seperti dulu lagi semasa masih belum punya beban, bebas, dan merdeka. Setelah merenung sejenak, barulah tersadar bahwa saat ini kita semua ternyata sudah ‘umuran’. Dan rasanya bernostalgia kok menjadi sebuah kebutuhan. Alih-alih untuk hiburan tatkala mengisi sisa umur yang ada.

Muncul pertanyaan, bagaimana ya caranya agar kita semua bisa saling berbagi, curhat, ataupun bernostalgia tentang apa saja di antara teman-teman lama ini. Kalau bikin reuni, kendalanya selalu ada yang bisa hadir dan ada yang tidak bisa hadir. Seringkali yang hadir lebih sedikit dibanding yang tidak hadir. Maklum semuanya saat ini berdomisili di berbagai penjuru Indonesia dan memiliki kesibukan yang barangkali tidak bisa ditinggalkan. Jadi harus ada wadah yang dapat digunakan untuk saling menyapa yang tidak merepotkan, dan mudah diakses oleh semuanya. Kan sekarang sudah jaman canggih. Sebenarnya, hampir setiap musim lebaran penulis juga mampir ke kota Madiun. Namun terkadang menunggu ‘ketemuan’ saat mudik lebaran juga rasanya kelamaan.

Setelah berpikir dan mempertimbangkan berbagai sarana yang dapat digunakan untuk bernostalgia akhirnya muncullah ‘AHA”! Ketemu juga jalan keluarnya. Tiba-tiba kok terpikir untuk membuat blog ini. Sebelumnya penulis sudah punya blog tapi lebih ke arah ‘ngumpulin’ bahan untuk penulisan buku [panjikelantoeng.blogspot.com]. Akhirnya, dengan mengucap ‘basmalah’ lahirlah blog ini [endoz-AE.blogspot.com]. Mudah-mudahan blog ini juga bisa melengkapi sarana email-email-an kita ya Mas Tjatur & Mas Eddie think.

Kepinginnya melalui blog ini penulis sedikit demi sedikit bisa mengumpulkan ‘balung pisah’. Blog ini juga terbuka untuk siapa saja yang kepingin ikutan nimbrung bernostalgia tentang Madiun. Jadi silahkan saja untuk temen-temen semua yang mau ikutan menulis atau berkomentar silahkan langsung di-posting aja. Kalau ada yang mau posting foto [foto saat ini dg keluarga, foto ‘jadul’ juga boleh, pokoknya bebas aja] juga dipersilahkan.

[note: ide blog ini terinspirasi oleh SMS mas Tjatur SMAN 1 Madiun ’79 yang rumahnya di Madiun di Jl. Diponegoro]

0 komentar:

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan Anda.