Monday, March 21, 2011

Pentingnya motivasi untuk berolahraga





Apa sih sebenarnya motivasi seseorang ketika aktif melakukan olah raga seperti jogging, jalan cepat atau bersepeda? Kalau hal ini ditanyakan ke mereka yang melakukannya pasti jawabannya bisa bermacam-macam. Kalau saya pribadi melakukan olah raga jogging, jalan cepat ataupun bersepeda karena memang termotivasi dengan anjuran dokter, serta hasil browsing di mbah google. Karena ketiga olah raga tsb. konon memang bisa membakar lemak lemak lebih cepat serta bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta gula darah. Karena memang dari hasil periksa lab beberapa bulan yang lalu penyakit tersebut yang akhir-akhir ini akrab dengan tubuh saya.

Kalau ngomongin motivasi, harusnya setiap orang sadar bahwa olahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi kenyataannya banyak orang yang enggan bahkan malas melakukan olahraga. Barulah ketika mereka menderita sakit kemudian dianjurkan oleh dokter mulai termotivasi untuk melakukannya. Jadi ternyata motivasi lah yang peranannya penting untuk menggerakkan seseorang untuk berolahraga. Sekadar tahu bahwa olahraga itu penting ternyata tidaklah cukup untuk menggerakan seseorang untuk berolahraga. Tetapi dengan motivasi yang terbangun karena satu dan lain hal, barulah seseorang itu akan termotivasi untuk olah raga.

Biasanya mereka yang giat untuk melakukan jogging, jalan cepat ataupun bersepeda berangkat dari berangkat sari salah satu motivasi berikut ini yaitu:
1. karena dianjurkan oleh dokter untuk membantu mengatasi penyakit yang dideritanya [kolesterol, darah tinggi, diabetes, dsb.]
2. ingin mengurangi lemak tubuh, ingin mengurangi berat badan,
3. atau ingin tetap menjaga keidealan tubuhnya.
4. dan lain-lain alasan.

Dengan titik awal motivasi yang berbeda dari tiap orang, tentunya jenis latihan yang dikerjakan oleh setiap orang akan berbeda pula. Terlepas dari perbedaan motivasi tsb. yang jelas jogging atau lari-lari kecil, jalan cepat, ataupun bersepeda sangatlah banyak manfaatnya bagi siapapun yang melakukannya.

Terlebih lagi, ketiga olah raga yang disebut di atas mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan memiliki beberapa keuntungan :
1. Tidak diperlukannya alat-alat khusus yang memerlukan biaya tinggi.
2. Jogging, jalan cepat dan bersepeda bisa dilakukan di berbagai tempat, yang tentunya juga dapat mengurangi kebosanan saat melakukannya.
3. Jogging, jalan cepat dan bersepeda sangat bagus untuk kesehatan.
4. Bisa melakukannya sendirian ataupun rame-rame dengan membentuk komunitas.
5. Bermanfaat pula untuk melatih otot-otot di kaki dan perut .
6. Jogging, jalan cepat, maupun bersepeda juga terbukti efektif mengurangi stress.

Pengalaman saya, di awal memulai jogging, jalan cepat ataupun bersepeda memang terasa berat. Tetapi setelah melewati 10 hari akhirnya menjadi terbiasa. Justru kalau saat ini terlewatkan satu hari saja, rasanya hidup ini sepertinya ada yang kurang. Apalagi setelah terbukti hasilnya yang ternyata akhirnya kolesterol & gula darah saya berhasil turun ke angka yang normal, ditambah lagi berat saya dari 65 kg bisa turun menjadi 59 [turun 7 kg], Bahkan lingkar pinggang yang tadinya 90 cm, berkurang menjadi 83 cm, semakin memperkuat motivasi saya untuk melakukan jogging, jalan cepat ataupun bersepeda setiap hari. Buat saya pribadi tips untuk melakukan olah raga setiap hari memang terbukti oke. Work it, lho!

Saran saya, apapun motivasi yang melatarbelakangi, sebaiknya mulai sekarang lakukanlah olah raga apa saja, karena terbukti olah raga adalah investasi kesehatan terbaik dalam hidup ini. Yang penting perbanyak gerak. Usahakan lebih banyak berjalan kaki, naik tangga, dsb. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan Anda.